sponsor

Slider

Recent Tube

Seputar Kampus

Prodi. Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)

Info Musik

Guest Star

Seputar Jember

Kuliner Jember

» » PENDAFTARAN MAHASISWA BARU (SPMB) 2013



Pengumuman



 PENDAFTARAN MAHASISWA BARU
 SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) JEMBER
 TAHUN AKADEMIK 2013-2014
Seleksi Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Jember Tahun Akademik 2013-2014, dilakukan melalui 2 (dua) model yaitu, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (SPMB-PTAIN) Nasional dan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Mandiri.

JALUR SPMB-PTAIN (SELEKSI NASIONAL MASUK PTAIN)
 Seleksi yang dilakukan secara bersama oleh seluruh Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak. SPMB-PTAIN Tahun Akademik 2013-2014 dilaksanakan melalui dua jalur: (1) Jalur Prestasi Akademik; dan (2) Jalur Ujian Tertulis.

1.     Jalur Prestasi Akademik.
Seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik tanpa ujian tertulis. Pendaftaran dilakukan secara online oleh sekolah/madrasah dengan cara mengajukan permohonan kepada ketua panitia pelaksana SPMB-PTAIN 2013 dengan menyertakan profil sekolah/madrasah melalui laman resmi: http://www.spmb-ptain.ac.id. Borang pendaftaran dapat di download dari laman tersebut.
 Persyaratan Pendaftaran
  1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah kelas terakhir (kelas XII) yang akan mengikuti Ujian Nasional (UN) pada tahun 2013
  2. Memiliki prestasi akademik tinggi dan konsisten berdasarkan pemeringkatan oleh Kepala Sekolah/Madrasah, sesuai dengan jurusan IPA, IPS, Bahasa, atau Agama berdasarkan nilai mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Nasional (UN) tahun 2013.
  3. Memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah
  4. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTAIN.
  5. Tidak buta warna bagi program studi tertentu.
  6. Biaya pendaftaran SPMB-PTAIN jalur Prestasi akademik ditanggung oleh pemerintah.
 Jadwal Seleksi
Pendaftaran                 : 13 Februari-21 Maret 2013
Seleksi                        : 22 Maret – 21 Mei 2013
Pengumuman                : 31 Mei 2013
Pendaftaran ulang         : 25 – 26 Juni 2013

2.    Jalur Ujian Tertulis
Seleksi masuk  UIN/IAIN/STAIN melalui ujian tertulis yang dilakukan serentak secara nasional. Dalam seleksi ini, pendaftaran dilakukan secara online. Tata cara pendaftaran dan pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dapat diunduh (download) melalui laman http://www.spmb-ptain.ac.id atau akses melalui website www.stain-jember.ac.id.
Persyaratan Pendaftaran
  1. Lulus dari satuan pendidikan SMA/MA/SMK/MAK/Pesantren Mu’adalah atau setara tahun 2011, 2012, dan 2013. Lulusan tahun 2011 dan 2012 memiliki ijazah SMA/MA/SMK/MAK/Pesantren Mu’adalah atau yang setara dan lulusan tahun 2013 sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Lulus dari Kepala Sekolah/Madrasah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah/madrasah.
  2. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTAIN.
  3. Tidak buta warna bagi program studi tertentu.
  4. Peserta kelompok IPA atau IPS membayar biaya ujian tertulis sebesar Rp. 150.000,00 (seratus lima puluh ribu rupiah) perpeserta, dan peserta kelompok IPC membayar biaya ujian tertulis sebesar Rp. 175.000,00 (seratus tujuh puluh lima ribu rupiah) perpeserta.
 Jadwal Seleksi
 Pendaftaran Online     :  6 Mei – 15 Juni 2013
 Ujian Tulis                     : 25-26 Juni  2013
 Pengumuman               : 20 Juli 2013
 Pendaftaran Ulang       : 20-31 Juli 2013

 JALUR SELEKSI MANDIRI
 Seleksi calon mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh STAIN Jember secara mandiri. Seleksi mandiri ini dilakukan melalui 3 (tiga) jalur yaitu,  (1) Jalur Tes Tertulis Mandiri regular; (2) Jalur Prestasi (Akademik dan Non-Akademik); dan (3) Jalur Kemampuan Khusus.

 1.     Jalur Tes Tertulis Mandiri Reguler
Seleksi masuk STAIN Jember melalui ujian tertulis. Tata cara pendaftaran dan pengisian formulir pendaftaran dapat diakses melalui website www.stain-jember.ac.id.

2.    Jalur Prestasi (Akademik dan Non-Akademik)
 Seleksi masuk berdasarkan penjaringan prestasi akademik dan non-akademik bagi lulusan tahun 2012 dan 2013 tanpa ujian tertulis. Prestasi Akademik adalah nilai rata-rata rapor kelas XII minimal 7. Sedangkan Prestasi Non-Akademik adalah  prestasi kejuaraan yang diperoleh selama di SLTA (seperti kejuaraan olah raga dan seni) minimal tingkat Kabupaten / Kota madya. Tata cara pendaftaran dan pengisian formulir pendaftaran dapat diakses melalui website www.stain-jember.ac.id.

3.    Jalur Kemampuan Khusus
Seleksi masuk STAIN Jember berdasarkan pada kemampuan khusus menghafal al-Qur’an minimal 3 Juz, tanpa tes tertulis.
Persyaratan Pendaftaran
  1. Membayar uang pendaftaran sebesar Rp. 150.000,- ke BRI Jember nomor rekening  0021-01-000800-30-9 (an. STAIN Jember)
  2. Mengisi formulir pendaftaran (disediakan panitia) dengan melampirkan: Bukti pembayaran pendaftaran dari Bank BRI.
  3. Pas Photo terbaru berwarna ukuran 3x4 sebanyak 4 lembar
  4. Surat keterangan kelakuan baik (SKKB) dari madrasah/sekolah untuk lulusan tahun 2013 atau dari kepolisian (untuk lulusan sebelum 2013). Khusus SKKB bisa diserahkan setelah yang bersangkutan dinyatakan lulus seleksi.
  5. Melampirkan foto copy Surat Tanda Tamat Belajar / Ijazah dan Transkrip Nilai yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah (kecuali peserta lulusan tahun 2013 dapat menggunakan surat keterangan lulus sementara dari Kepala Sekolah/Madrasah).
  6. Melampirkan foto kopi rapor (rata-rata minimal 7 di kelas XII) yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah/Madrasah  (khusus untuk jalur prestasi akademik).
  7. Melampirkan foto kopi piagam/sertifikat penghargaan yang dilegalisir oleh kepala sekolah (khusus untuk jalur prestasi non-akademik).
  8. Melampirkan surat keterangan menghafal Al-Qur’an minimal 3 Juz yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah/Madrasah (Khusus untuk jalur kemampuan khusus).


Jadwal Seleksi
Pendaftaran                 :   27 Juni- 13 Agustus 2013
Ujian dan wawancara    :   20-21 Agustus 2013
Pengumuman               :   24 Agustus 2013
Registrasi                     :   24-31 Agustus 2013






PENERIMAAN CALON MAHASISWA BARU
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) JEMBER TAHUN 2013
BROSUR BISA DOWNLOAD    KLIK DISINI







«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama