sponsor

Slider

Recent Tube

Seputar Kampus

Prodi. Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)

Info Musik

Guest Star

Seputar Jember

Kuliner Jember

» » » Wujudkan IAIN Jember sebagai Pusat Kajian dan Pengembangan Islam Nusantara

 HUMAS-Setelah dilantik sebagai rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember oleh Menteri Agama RI, pada Rabu (04/03) lalu, Prof. Dr. H. Babun Suharto, SE., MM  terus berpacu demi terwujudnya visi besar IAIN Jember yakni menjadi pusat kajian dan pengembangan Islam Nusantara.
Diantara yang sedang dilakukannya adalah mempersiapkan kelengkapan struktur organisasi IAIN Jember sebagaimana yang diamanatkan dalam Organisasi dan Tata Laksana (ORTALA) Kementerian Agama RI, dalam hal ini Babun akan berupaya sebisa mungkin sehingga bisa menempatkan calon-calon pejabat dilingkungan IAIN Jember yang dinilai sesuai atauran serta memenuhi harapan bersama.
Dengan begitu, visi besar IAIN Jember akan bisa segera terwujud, meski demikian semua insan akademika di lingkungan IAIN Jember secara bersama-sama juga harus memiliki tanggung jawab yang sama demi terwujudnya cita-cita membangun kampus IAIN Jember yang besar dan berkualitas.
Karena itulah pejabat dilingkungan IAIN Jember serta kalangan sivitas akademika harus terbiasa membiasakan sesuatu yang benar, hal ini dinilai bisa menjadi kunci terwujudnya visi IAIN Jember, selanjutnya tradisi ini menurut Babun juga harus dilakukan dengan tidak membenarkan kebiasaan yang salah, seluruh sivitas akademika harus mampu berkarya dengan nyata, bukan berkarya seperti katak” Tegas Babun.
Selain itu, perubahan bentuk dari STAIN Jember menjadi IAIN Jember, juga diharapkan mampu mewujudkan tujuan adanya lembaga PTKIN dinegeri ini sebagaimana pernah ditegaskan oleh Menteri Agama RI, yaitu salah satunya bisa menjadi unsur perekat kebangsaan yang dilandasi nilai-nilai luhur agama; menciptakan infrastruktur keberagamaan yang moderat; mendukung suasana yang lebih demokratis; dan menyiapkan warga bangsa yang menghargai kemajemukan, perbedaan pendapat, toleran, santun, dan inklusif.
Hal ini bagi Babun selaras dengan proses pembelajaran di kampus IAIN Jember yang selalu berupaya bisa membekali mahasiswa memiliki kepribadian Muslim yang baik, berakhlak mulia, berpengetahuan luas, dan pemahaman keagamaan yang moderat, rasional, dan modern guna mengimplementasikan ajaran Islam sebagai rahmat bagi semesta alam (rahmatan lil-‘âlamîn).
Upaya untuk mewujudkan visi IAIN Jember ini, menurut Babun juga harus dilakukan dengan mendasarkan pada harapan menteri agama RI saat melantik dirinya sebagai Rektor yaitu pejabat harus dapat bekerja lebih Professional. terutama Rektor harus dapat meningkatkan standar mutu akademis, sebab IAIN sebagai lembaga PTKIN juga memiliki tanggung jawab besar khususnya pada masalah moralitas dan masa depan bangsa, selain itu rector juga diminta supaya mampu bekerja dengan penuh dedikasi, mencapai prestasi, loyal pada  profesi serta menjaga integritas dan kejujuran dalam menjalan jabatan public. (Humas-Minan Jauhari)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply