sponsor

Slider

Recent Tube

Seputar Kampus

Prodi. Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)

Info Musik

Guest Star

Seputar Jember

Kuliner Jember

» » Soto Ayam Dahlok - Jember

Orang Jawa Timur asli bisa dipastikan menggemari soto, termasuk saya. Meskipun sudah hampir satu dasawarsa merantau meninggalkan Jawa Timur, sampai sekarang soto tetap jadi menu favorit saya. Maka dari itu, begitu awal bulan ini berkunjung ke Jember, saya dan isteri segera memutuskan untuk mencicipi soto yang sudah melegenda di Jember, Soto Dahlok.

Siang hari itu, selepas sholat Jum’at, kami ke Matahari dulu sekitar setengah jam, dan setelahnya segera meluncur ke TKP. Bagi Anda yang belum pernah kemari, patokan paling mudah adalah Jalan Sultan Agung. Berjalanlah pelan-pelan, jalan ini satu arah, jadi kalau terlewat Anda akan cukup repot untuk memutar. Anda akan menemui plang studio foto Jaya Abadi di sisi kiri jalan dan berhentilah disitu. Berjalanlah kira-kira 20 m, Anda akan menemui Gang Dahlok di sisi kanan jalan. Saya lupa nama resmi gang ini, kalau tidak salah Gang Fatahillah, tapi kalau tidak ketemu tanya saja ke tukang parkir, insha Allah mereka tahu.

Warung yang sempit tidak menghalangi pengunjung untuk datang.
Siang itu terik, dan begitu sampai Soto Dahlok makin terasa sumuk. Wajar saja, kondisi warung ini sempit memanjang dengan ventilasi yang kurang memadai. Walaupun demikian, kondisi warung masih tergolong bersih. Kami pun segera memesan. Warung ini hanya menyediakan soto ayam, dengan tiga varian, biasa, istimewa, dan jerohan. Soto istimewa memiliki lebih banyak suwiran ayam. Kami berdua kompak memilih soto jerohan dengan es jeruk sebagai minumannya. Default penyajian soto adalah nasi dicampur dengan kuah soto. Hal ini sangat lumrah di Jawa Timur, namun tidak umum bagi orang Jawa Barat dan Jakarta. Maka dari itu isteri saya yang asli Bandung memesan soto dengan disajikan terpisah antara nasi dengan kuahnya.

Begitu pesanan sampai di meja, langsung saja kami sikat. Dan kuahnya memang gurih, ini sepertinya berasal dari pemilihan ayam kampung sebagai bahan utamanya. Isi soto terdiri dari suwiran ayam, irisan jerohan, irisan telur rebus, irisan kentang rebus, tomat dan seledri. Saya mengamati ada yang unik di Soto Dahlok, taburan bawang merah goreng hanya sedikit, justru taburan bawang putih goreng yang lebih banyak. Hal ini menciptakan sensasi baru, semua perpaduan itu benar-benar bikin awak nggregesi ketika menyantap soto.

Banyak yang bilang kalau Soto Dahlok sudah tidak selezat generasi pertama dulu. Namun bagi saya cita rasa soto ini masih sulit dicari tandingannya, yang membuat diri ini selalu kangen untuk pulang ke Jember. untuk mencoba lagi kelezatan salah satu kuliner legendaris di Jember.


Alamat :
Jl. Fatahillah No. 1, Gang Dahlok, Jember
Jawa Timur - Indonesia



«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply