sponsor

Slider

Recent Tube

Seputar Kampus

Prodi. Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)

Info Musik

Guest Star

Seputar Jember

Kuliner Jember

» » IAIN Jember Segera Miliki Stadion Standar Nasional

Humas (Jember) - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember akan memiliki stadion berstandar nasional. Pengembangan lapangan milik  kampus Islam Nusantara ini segera direalisasikan tahun 2018. Kepastian itu disampaikan Rektor IAIN Jember Babun Suharto saat menerima tim verifikasi lapangan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Senin (11/6) di IAIN Jember.

Babun menuturkan lapangan IAIN Jember nantinya akan dimanfaatkan sebagai fasilitas kegiatan olahraga baik untuk civitas akademika maupun masyarakat umum. Pihaknya mengaku bahwa stadion IAIN Jember prioritas untuk civitas akademika kampus, namun juga dapat dimanfaatkan masyarakat umum.

“Dua tahun lalu, kami mengajukan proposal pengembangan lapangan dan stadion nasional IAIN Jember ke Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Alhamdulilah, tahun ini telah disetujui dan segera proses pembangunan untuk segera dimanfaatkan”, terang Babun.

Babun menambahkan, dengan adanya fasilitas baru, pelbagai kompetisi dapat digelar di lapangan IAIN Jember dan tidak terbatas pada perlombaan panahan sebagaimana yang telah dilakukan sebelumnya. Babun berharap pelbagai cabang perlombaan lainnya seperti sepak bola juga dapat digelar di lapangan stadion IAIN Jember.

“Tahun depan, saat pembangunan sudah rampung, kami siap menggelar sekaligus menjadi prakarsa pertama Kompetisi Sepakbola antar Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri se-Indonesia. Ini menjadi bagian pengembangan seni dan kreativitas mahasiswa dalam bidang olahraga”, ungkap Babun.

Tim verifikasi lapangan dari Kemenpora Aditya Maretinova mengungkapkan bahwa lapangan IAIN Jember telah memenuhi ukuran standar nasional. Bahkan, gambaran awal stadion sudah dibuat, terutama penempatan tribun.

“Kami melakukan verifikasi untuk mengecek beberapa perubahan, misalnya terkait kontur tanah. Apakah tanah layak, tanah sawah atau tanah darat. Hasilnya, lapangan IAIN Jember sudah layak dan memenuhi standar nasional,” terang Aditya Maretinova.

Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia menggelontorkan dana Rp4 miliar untuk proses pembangunan stadion IAIN Jember. Peruntukannya pada empat aspek, yaitu konsultan perencana, konstruksi fisik, konsultan pengawas, dan pengelola teknis.

Hadir mendampingi Rektor IAIN Jember, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Sukarno, Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan Abd. Syakur. (humas/wildanhef)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama